Nagita Curhat Rafathar Cemburu ke Rayyanza, Bagaimana Cara Mengatasinya?

by admin
1 minutes read

Jakarta, BN Nasional — Rupanya, Rafathar merasa cemburu setelah adik laki-lakinya lahir. Hal ini diungkapkan oleh Gigi, sapaan akrab Nagita, dalam sebuah video yang beredar di media sosial.

“Rafathar nanya, ‘waktu Aa lahir banyakan mana yang ngirim bunga?’ Jealous dia, jealous banget,” kata ibu dua anak itu.

Sangat wajar bagi anak kecil merasakan cemburu terhadap saudara baru mereka. Ini semua sangat alami, dan merupakan cara mereka untuk mengekspresikan perasaan frustrasi, dan kebingungan tentang peran mereka dalam hidup dan tempat mereka dalam keluarga.

Psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center, rasa cemburu sang kakak kepada adik sebenarnya wajar. Ada kemungkinan sang anak merasa tersaingi dengan kehadiran adik.

“Merasa adik merebut perhatian dan cinta dari orang tuanya, bahkan dari orang orang di sekitarnya. Karena seringkali perhatian pada bayi memang lebih besar atau lebih banyak karena merasa bayi lebih membutuhkan,” sebut Rahma kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Beberapa cara untuk mengatasi kakak yang cemburu:

  • Libatkan kakak dalam merawat bayi
    Jadikan penasihat, misalnya dalam memilih barang untuk bayi
    Merayakan peran barunya sebagai kakak
    Ajak bermain dengan adiknya
    Atur waktu agar orang tua tetap bisa bermain dengan kakak
  • Dengan menanggapi dengan sabar dan pengertian, anak akan mulai merasa aman kembali, dan mengetahui bahwa dengan memberi ruang bagi anggota keluarga baru, mereka tidak akan melepaskan tempat mereka atau mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya.

    Sumber.

    related posts