29 C
Jakarta

Pasar saham hari ini: Saham Asia beragam setelah libur AS sepi

Published:

TOKYO (AP) — Saham-saham di Asia bervariasi pada hari Selasa setelah pasar AS tutup untuk liburan Memorial Day. Harga minyak dan kontrak berjangka AS lebih tinggi.

Pasar Tiongkok naik setelah para pemimpin senior Partai Komunis yang berkuasa bertemu dan menegaskan tekad Beijing untuk menahan risiko keuangan. Indeks acuan Hong Kong didukung oleh kenaikan saham-saham teknologi.

Pada hari Senin, saham-saham Eropa membukukan kenaikan moderat karena pasar terangkat oleh rebound di Wall Street pada hari Jumat setelah hari terburuk sejak bulan April.

Selasa pagi, Nikkei 225 Tokyo turun 0,3% menjadi 38.795,07 dan Kospi di Seoul naik tipis 0,1% menjadi 2.726,82.

S&P/ASX 200 Australia turun 0,2% menjadi 7.776,80.

Indeks Shanghai Composite naik tipis 0,1% menjadi 3.126,76. Hang Seng Hong Kong bertambah 0,8% menjadi 18.982,31.

Pemerintah Tiongkok baru-baru ini melonggarkan suku bunga dan persyaratan uang muka untuk pinjaman perumahan sebagai bagian dari upayanya untuk menghidupkan kembali sektor properti setelah tindakan keras terhadap pinjaman berlebihan menyebabkan gagal bayar di banyak pengembang.

Industri perumahan memainkan peran besar dalam menggerakkan perekonomian dan permasalahannya telah membebani pertumbuhan.

Pertemuan hari Senin yang dipimpin oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping “mencatat bahwa mencegah dan meredakan risiko keuangan adalah tantangan besar yang harus diatasi untuk mencapai pembangunan berkualitas tinggi, karena menyangkut keamanan nasional, pembangunan secara keseluruhan dan keselamatan properti rakyat. ” lapor Kantor Berita resmi Xinhua.

Upaya untuk memperkuat pengawasan “harus diterapkan secara ketat untuk memberikan sinyal kuat bahwa setiap pelanggar akan dimintai pertanggungjawaban, sehingga pengawasan keuangan akan benar-benar memiliki ‘gigi dan duri’ dan tajam,” kata Xinhua.

Pada hari Jumat, S&P 500 naik 0,7% dan Dow Jones Industrial Average naik kurang dari 0,1%. Komposit Nasdaq naik 1,1% ke puncak rekor tertinggi sepanjang masa awal pekan lalu.

Pada perdagangan lainnya Selasa, minyak mentah acuan AS naik $1,03 menjadi $78,75 per barel dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent, standar internasional, bertambah 4 sen menjadi $82,92 per barel.

Dalam transaksi mata uang, dolar AS merosot menjadi 156,75 yen Jepang dari 156,89 yen.

Euro naik menjadi $1,0874 dari $1,0860.

Related articles

Recent articles

spot_img