25.4 C
Jakarta

Pemerintah Belum Putuskan Nasib Pertamax Pada Semester II 2024

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Setelah lama tidak adanya penyesuaian tarif untuk BBM Non Subsidi atau jenis bahan bakar umum (JBU) sejak Februari 2024. Pemerintah masih belum menyiapkan langkah lebih lanjut untuk Juli 2024.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, terkait dengan penyesuaian harga BBM Non Subsidi masih belum pembahasan untuk penentuan harga di Juli 2024.

“Ya kan belum ada rapat. Kalau belum ada rapat, belum ada apa-apa,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Senin (24/4/2024).

Sebelumnya, Arifin menyampaikan kepada PT Pertamina (Persero) agar tidak menaikan harga BBM Non Subsidi Pertamax Series dan Dex Series sepanjang semester I 2024.

“Kita masih menahan agar BBM tidak naik, terutama pada smester awal 2024. Gak boleh baik pak Wiko,” kata Arifin saat tajak perdana infill clastic Banyu Urip, Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (1/3/2024).

Menurutnya, pemerintah masih perlu menstabilkan kondisi pasca Pilpres 2024, salah satunya dengan adanya kenaikan bahan pokok.

“Jadi supaya aktivitas masyarakat tidak terganggu dan kita masih perlu menstabilkan kondisi sesudah pasca pemilu yang ditenggarai dengan adanya harga beras yang meningkat,” ujar Arifin.

Di sisi lain, sektor minyak saat ini sedang tidak dalam keadaa yang baik-baik saja. Pasalnya, ada beberapa lapangan minyak yang sudah tua dan produksinya sudah mulai menurun.

“Tantangan kita di sektor minyak, mengapa kita mengupayakan semaksimal mungkin? karena mulai menurun produksi kita, tapi kita juga mengalami peningkatan permintaan. Permintaan meningkat sejalan dengan mobilisasi masyarakat yang bertambah untuk berkegiatan,” jelas Arifin.**

Related articles

Recent articles

spot_img