Satgas: 86,6 Persen Penduduk Sudah Punya Antibodi Covid-19

by admin
1 minutes read
Satgas: 86,6 Persen Penduduk Sudah Punya Antibodi Covid-19

Jakarta, BN Nasional – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, 86,6 persen penduduk di Indonesia sudah mempunyai antibodi dari Covid-19.
Wiku mengatakan, hal tersebut didapatkan dari hasil sero survei yang dilakukan di 100 kabupaten/kota di sebagian wilayah aglomerasi dan non wilayah aglomerasi.
“Mayoritas penduduk di Indonesia 86,6 persen populasi yang daerahnya disurvei telah memiliki antibodi Covid-19 baik akibat telah terinfeksi sebelumnya atau karena vaksinasi,” kata Wiku melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/1/2022).

Wiku juga mengatakan, 73,2 persen populasi dari daerah yang disurvei sudah memiliki antibodi, padahal belum pernah terinfeksi Covid-19 dan divaksinasi.
“Sebanyak 73,2 persen populasi dari daerah yang disurvei ternyata memiliki antibodi padahal belum pernah terdeteksi positif maupun tervaksinasi Covid-19,” ujarnya.
Meski demikian, Wiku tidak merinci kabupaten mana saja dan kelompok usia yang dilakukan sero survei.

Ia mengatakan, survei tersebut dilakukan sepanjang November sampai Desember 2021. Adapun sero survei berfungsi untuk mengetahui sejauh mana kekebalan komunitas atau herd immunity masyarakat terhadap pandemi Covid-19.

Sumber:

related posts

Leave a Comment