25.4 C
Jakarta

Tornado menewaskan banyak orang di Iowa saat badai dahsyat kembali melanda Midwest

Published:

GEENFIELD, Iowa (AP) — Para pejabat mengatakan banyak orang tewas pada Selasa ketika tornado melanda sebuah kota kecil di Iowa, menghancurkan rumah-rumah dan merusak bisnis.

Rumah sakit di kota Greenfield termasuk di antara bangunan yang rusak – yang berarti setidaknya selusin orang yang terluka harus dibawa ke rumah sakit di tempat lain, menurut Sersan Patroli Negara Bagian Iowa. Alex Dinkla.

“Sedihnya kami dapat memastikan bahwa ada korban jiwa,” kata Dinkla pada konferensi pers Selasa malam. “Kami masih menghitung saat ini.”

Dia mengatakan dia mengira mereka telah menghitung seluruh penduduk kota itu tetapi pencarian akan dilanjutkan jika ada yang dilaporkan hilang. Sistem Kesehatan Kabupaten Adair mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada Selasa malam bahwa mereka telah mendirikan pusat triase di sekolah menengah Greenfield dan orang-orang yang membutuhkan perhatian medis harus pergi ke sana.

Tornado tersebut menghancurkan sebagian besar kota berpenduduk 2.000 jiwa yang terletak sekitar 55 mil (90 kilometer) barat daya Des Moines, pada hari yang menyaksikan banyak tornado, hujan es raksasa, dan hujan lebat di beberapa negara bagian.

Pihak berwenang mengumumkan jam malam wajib di kota tersebut dan mengatakan mereka hanya akan mengizinkan penduduk memasuki Greenfield hingga Rabu pagi. Mereka juga memerintahkan perwakilan media untuk meninggalkan kota pada Selasa malam.

Setelah badai terjadi, gundukan kayu pecah dari rumah, dahan, bagian mobil, dan puing-puing lainnya berserakan di tempat bekas rumah-rumah berdiri. Beberapa pohon yang masih berdiri telah dicabut dahan dan daunnya. Warga saling membantu menyelamatkan perabotan dan barang-barang lainnya yang berserakan di segala penjuru.

Rogue Paxton mengatakan dia berlindung di ruang bawah tanah rumahnya ketika badai melanda. Dia mengatakan kepada WOI-TV bahwa dia mengira rumahnya hilang, namun dia mengatakan bahwa keluarganya beruntung.

“Tetapi yang lainnya tidak begitu banyak, seperti saudara laki-laki saya Cody, rumahnya baru saja disapu bersih,” kata Paxton. “Kemudian Anda melihat semua orang di sini saling membantu. … Semuanya akan baik-baik saja karena kita memiliki satu sama lain, tapi itu akan menjadi sangat, sangat sulit. Ini berantakan.”

Beberapa tornado dilaporkan terjadi di seluruh negara bagian itu, dan satu tornado juga tampaknya menghancurkan beberapa turbin angin setinggi 250 kaki (76 meter) di barat daya Iowa. Beberapa turbin terbakar, menimbulkan kepulan asap ke udara.

Ladang angin dibangun untuk menahan tornado, angin topan, dan angin kencang lainnya. Menurut Departemen Energi AS, turbin dirancang untuk mati ketika angin melebihi ambang batas tertentu, biasanya sekitar 55 mph (89 kpj). Mereka juga mengunci dan mengibaskan bilahnya dan mengubahnya menjadi angin, untuk meminimalkan ketegangan.

Greenfield menyebut dirinya di situs webnya sebagai tempat yang “bersahabat dengan ombak saat Anda berjalan” dengan jalanan yang dipenuhi pepohonan – sebelum badai – dan sebagai “tempat yang sempurna untuk bertumbuh.”

Mary Long, pemilik Long’s Market di pusat kota Greenfield, mengatakan dia berhasil melewati badai di bisnisnya di alun-alun kota bersejarah, yang sebagian besar lolos dari kerusakan. Long mengatakan tampaknya kerusakan meluas di sisi timur dan selatan kota.

“Saya bisa mendengar suara gemuruh ini, seperti pepatah kereta barang, dan kemudian selesai begitu saja,” katanya.

Camille Blair mengatakan kantor Kamar Dagang Greenfield tempat dia bekerja tutup sekitar pukul 14.00 menjelang badai.

“Saya dapat melihat dari rumah saya bahwa jalan itu lurus,” katanya tentang tornado tersebut.

Gubernur Kim Reynolds mengatakan dia berencana mengunjungi Greenfield pada Rabu pagi.

“Baru beberapa minggu yang lalu tornado melanda beberapa komunitas Iowa lainnya, dan sulit dipercaya hal ini terjadi lagi,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Warga Iowa kuat dan tangguh, dan kita akan melewati ini bersama-sama.”

Di barat daya Iowa, video yang diposting ke media sosial menunjukkan tornado di barat laut Red Oak. Lebih jauh ke timur dan utara, Layanan Cuaca Nasional mengeluarkan beberapa peringatan tornado untuk daerah dekat kota Griswold, Corning, Fontanelle dan Guthrie Center, antara lain.

Iowa bersiap menghadapi cuaca buruk setelah Pusat Prediksi Badai dari Layanan Cuaca Nasional memberi sebagian besar negara bagian itu kemungkinan besar akan terjadi badai petir hebat dengan potensi tornado kuat. Sekolah negeri Des Moines mengakhiri kelas dua jam lebih awal dan membatalkan kegiatan malam hari.

Peringatan badai dan tornado diterapkan di Wisconsin pada Selasa sore dan malam, termasuk peringatan untuk ibu kota, Madison.

Sebelumnya pada hari itu, penduduk di sebelah barat di Omaha, Nebraska, terbangun karena sirene yang menggelegar dan pemadaman listrik yang meluas ketika hujan lebat, angin kencang, dan hujan es besar melanda daerah tersebut. Banjir membanjiri ruang bawah tanah dan menenggelamkan mobil. Stasiun televisi KETV menunjukkan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan orang-orang dari kendaraan.

Di Illinois, badai debu menyebabkan pihak berwenang menutup dua jalan antar negara bagian karena jarak pandang yang rendah. Hembusan angin berkecepatan hingga 45 mph (74 kph) menghantam daerah McLean, menurut ahli meteorologi National Weather Service Chuck Schaffer.

Badai menyusul hari-hari cuaca ekstrim yang telah merusak sebagian besar wilayah tengah negara tersebut. Angin kencang, hujan es besar dan tornado menyapu sebagian wilayah Oklahoma dan Kansas pada Minggu malam, merusak rumah-rumah dan melukai dua orang di Oklahoma.

Badai lainnya pada Senin malam melanda Colorado dan Nebraska bagian barat dan melanda kota Yuma, Coloradodiselimuti hujan es sebesar bola bisbol dan bola golf, mengubah jalanan menjadi sungai air dan es.

Dari Texas, badai yang mematikan menghantam wilayah Houston minggu lalu, menewaskan sedikitnya delapan orang. Badai yang terjadi pada hari Kamis itu memutus aliran listrik hingga ratusan ribu orang selama berhari-hari, menyebabkan banyak orang berada dalam kegelapan dan tanpa AC selama itu cuaca panas dan lembab. Jumlah total kematian meningkat pada hari Selasa dari tujuh menjadi termasuk seorang pria yang meninggal karena keracunan karbon monoksida saat menjalankan generator setelah listriknya padam. Angin kencang menghancurkan tempat usaha dan bangunan lainnya menjadi puing-puing dan pecahan kaca di gedung pencakar langit di pusat kota.

Bob Oravec, ketua peramal cuaca di Layanan Cuaca Nasional, mengatakan sistem tersebut diperkirakan akan berbelok ke selatan pada Rabu, membawa cuaca yang lebih buruk ke beberapa bagian Texas, Oklahoma, Arkansas, dan Missouri selatan.

___

McFetridge melaporkan dari Des Moines dan Beck melaporkan dari Omaha. Penulis Associated Press Steve Karnowski di Minneapolis, Josh Funk di Omaha, Colleen Slevin di Denver dan Juan Lozano di Houston berkontribusi.

Related articles

Recent articles

spot_img