25.4 C
Jakarta

Walgreens Mencari Pembeli Sepatu Bot Lagi Saat Rencana IPO Ditahan

Published:

Walgreens Boots Alliance Inc. diketahui telah membatalkan rencana potensi penawaran umum perdana (IPO) dari raksasa toko obat Inggris, Boots.

Perusahaan yang berbasis di Deerfield, Illinois kini diperkirakan sedang menjajaki opsi alternatif untuk masa depan Boots dan Walgreens diketahui terus mengadakan pembicaraan informal dengan pembeli yang berminat untuk bisnis tersebut termasuk beberapa perusahaan ekuitas swasta.

Walgreens sebelumnya telah menghubungi pembeli potensial Boots, yang diperkirakan bernilai sekitar $8,9 miliar dalam kesepakatan besar, menurut laporan dari Bloomberg.

Walgreens diyakini belum membuat keputusan akhir mengenai kepemilikan Boots di masa depan, yang memiliki 2.200 toko dan mempekerjakan sekitar 55.000 orang dan merupakan pemimpin pasar Inggris.

November lalu, Boots menjual skema pensiunnya kepada spesialis keuangan Legal & Umum dalam kesepakatan senilai $6,1 miliar dalam sebuah langkah yang dianggap membuat perusahaan lebih sederhana dan mudah untuk dijual kepada calon pembeli.

Rencana Transformasi Sepatu Bot

Selama tahun 2023, Walgreens juga mengungkapkan rencana untuk menutup 300 toko UK Boots selama 12 bulan berikutnya karena ingin mengkonsolidasikan bisnisnya melalui rencana transformasi, yang berfokus pada layanan spesialis dan kecantikan.

Awal bulan ini, Boots mengonfirmasi bahwa mereka terus merombak belanja kecantikan di toko-tokonya menyusul perubahan lebih dari 170 toko di kawasannya hingga saat ini. Boots berfokus terutama pada format ruang kecantikannya, yang biasanya semakin besar. Selama musim panas, Boots akan mengembangkan 30 ruang kecantikan lainnya, kata perusahaan itu.

Boots baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka melanjutkan kinerjanya yang kuat untuk kuartal kedua tahun ini, melaporkan pertumbuhan penjualan ritel sebesar 5,9% selama tiga bulan hingga 29 Februari 2024, menyusul peningkatan sebesar 16% pada kuartal tahun sebelumnya.

Jumlah pengunjung meningkat baik di toko maupun online, dan mencapai pertumbuhan pangsa pasar ritel selama 12 kuartal berturut-turut, dengan penjualan digital naik 16,8%, didorong oleh kuatnya penjualan produk kecantikan dan perawatan pribadi.

Pertumbuhan penjualan di dalam toko tetap stabil, naik 4,5%, dengan kinerja yang sangat baik, pusat perbelanjaan dan toko perjalanan, kata pengecer tersebut. Gerai di bandara mengalami pertumbuhan dua digit dari tahun ke tahun, didukung oleh pembukaan gerai baru di Luton, dan renovasi di Gatwick dan Manchester, semuanya di Inggris

Kinerja Penjualan Sepatu Bot

Perdagangan musim liburan Natal sangat kuat dengan penjualan meningkat sepanjang bulan Desember. Kategori kecantikan dan hadiah tampil baik dengan beberapa hadiah paling populer adalah set hadiah merek sendiri, seperti Koleksi Perawatan Kulit No7 Ultimate dan set Soap & Glory Pop Spa Classics.

Toko khusus kecantikan Boots dibuka di Pembangkit Listrik Battersea London pada bulan Desember, bertepatan dengan peluncuran lebih banyak merek kecantikan baru di seluruh platformnya. Peluncuran toko tersebut, bersamaan dengan peningkatan sejumlah pusat kecantikan Boots di Inggris, berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan produk kecantikan secara keseluruhan dengan peningkatan yang sangat kuat dalam bidang perawatan kulit.

Sementara itu, Walgreens menghidupkan kembali diskusi mengenai kemungkinan keluarnya Boots tahun lalu, hampir 18 bulan setelah Walgreens membatalkan rencana penjualannya, yang jika dilanjutkan akan membatalkan merger besar-besaran trans-Atlantik yang terjadi dalam beberapa tahap yang dimulai lebih dari satu tahun. sepuluh tahun yang lalu.

Boots sebelumnya telah menarik minat dari Reliance Industries milik miliarder Mukesh Ambani, serta perusahaan ekuitas swasta TDR Capital dan Apollo Global Management Inc., kata Bloomberg.

Harga saham Walgreens Boots Alliance telah melemah tahun ini, turun lebih dari 40% sejak awal tahun dan hampir setengahnya dalam 12 bulan sebelumnya.

Related articles

Recent articles

spot_img