Waspada, Satgas Catat Angka Potensi Penularan Covid-19 Naik

by admin
1 minutes read

Jakarta, BN Nasional — “Angka reproduksi efektif atau Rt yang menunjukan potensi penularan dalam suatu populasi sudah mulai menunjukan kenaikan di beberapa provinsi,” jelas Wiku saat konferensi pers, dikutip pada Jumat (10/12).

Wiku mengatakan, naiknya angka Rt seharusnya menjadi alarm dini dalam penetapan langkah-langkah pengendalian. Hingga saat ini, terdapat dua pulau yang telah mengalami kenaikan Rt yakni Pulau Jawa dari 0,95 pada 11 November 2021 naik menjadi 0,98 per 2 Desember. Sedangkan di Pulau Sulawesi sebelumnya 0,95 pada 11 November menjadi 0,98 per 2 Desember.

“Sayangnya naiknya angka Rt pada beberapa wilayah tidak dibarengi dengan kepatuhan akan protokol kesehatan. Padahal disiplin prokes merupakan aspek penting untuk mencegah terjadinya penularan,” ucapnya.

Wiku mengatakan, terdapat 32 kabupaten/kota yang tercatat tak patuh dalam memakai masker. Data menunjukan, pada kabupaten/kota ini hanya kurang dari 60 persen warga yang patuh memakai masker.

Sejumlah provinsi penyumbang yakni di Jawa Tengah di 3 kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Rembang. Di Kalimantan Selatan menyumbang 3 kabupaten/kota yakni Kabupaten Balangan, Kabupaten Kotabaru, dan Kota Banjarbaru.

Sementara di Sulawesi Selatan menyumbang 3 kabupaten/kota yakni Kabupaten Barru, Bulukumba, dan Toraja Utara. Sedangkan di Sulawesi Tenggara menyumbangkan lima kabupaten/kota yakni Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Konawe Selatan, dan Kota Bau-bau. Serta di Sumatra Selatan menyumbang 3 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, serta Kabupaten Banyuasin.

Sumber.

related posts