25.4 C
Jakarta

Bentrok Yonif 133 dan OPM di Maybrat, Sejumlah Barang Bukti Diamankan

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti kembali terlibat dalam kontak tembak dengan kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) di hutan Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya. Insiden ini terjadi saat Pasukan Yudha Sakti melakukan patroli rutin di kawasan tersebut.

Komandan Satgas Yonif 133/YS Letkol Inf Andhika Ganessakti mengonfirmasi bahwa tidak ada korban jiwa dalam bentrokan tersebut. “Satgas menyergap lokasi persembunyian OPM saat Pasukan Yudha Sakti melakukan patroli ke pedalaman hutan, sehingga terjadilah kontak tembak. Usai kontak tembak, OPM pun lari tunggang langgang karena melihat kesigapan pasukan Yudha Sakti saat memburu mereka,” kata Ganessakti.

Ia menjelaskan bahwa pasukannya berhasil menemukan sarang tempat persembunyian OPM yang berupa gubuk dan beberapa barang bukti. “Anggota berhasil menguasai dan menduduki tempat persembunyian OPM Sorong Raya, serta menemukan berbagai macam barang bukti,” jelasnya.

Dalam operasi tersebut, Pasukan Yudha Sakti menemukan sejumlah barang milik OPM yang terdiri dari 2 unit handphone android, 5 unit handphone poliponik, 1 helai kemeja bergambar “free West Papua”, 1 buah HT, 1 kotak munisi senapan angin, 5 buku bertuliskan mantra, 1 buah charger handphone, 4 buah senter, 2 buah topi, 3 buah gelang bergambar “free West Papua”, 1 helai bendera bergambar “free West Papua”, 2 helai baju loreng, puluhan anak panah, 2 unit solar cell, 1 kotak kawat las, serta alat-alat masak dan bahan makanan.

Ganessakti menekankan bahwa upaya pengamanan di wilayah Distrik Aifat Raya akan terus dilakukan secara intensif. “Aparat keamanan, dalam hal ini Pasukan Yudha Sakti yang berjaga-jaga di wilayah Distrik Aifat Raya, terus melancarkan langkah-langkah proaktif mengamankan wilayah setempat dari berbagai macam gangguan OPM. Salah satu di antaranya melalui patroli di setiap jengkal tanah Maybrat,” paparnya.

Ia juga menegaskan bahwa patroli keamanan intensif akan terus dijalankan menyusul beberapa serangan OPM di wilayah tersebut. “Kita terus memastikan dan menjaga keamanan di wilayah Papua dengan sangat serius,” tegas Ganessakti.

Dengan langkah-langkah tersebut, Satgas Yonif 133/YS berupaya menjaga stabilitas keamanan di Papua Barat Daya, khususnya di Kabupaten Maybrat, guna mencegah terjadinya gangguan dari kelompok separatis.**

Sumber : Antaranews

Related articles

Recent articles

spot_img