BRIN Gandeng LPDP Tawarkan 500 Beasiswa S2 dan S3 untuk Bidang Prioritas Nasional

by admin
2 minutes read

JAKARTA, BN NASIONAL

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjalin kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Ini dilakukan melalui skema LPDP Targeted untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang prioritas nasional. Program ini menawarkan 500 beasiswa Magister (S2) dan Doktor (S3) bagi talenta muda yang ingin berkontribusi pada kemajuan Indonesia.

“Skema LPDP Targeted merupakan solusi inovatif untuk menjawab berbagai tantangan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar Direktur Manajemen Talenta BRIN Raden Arthur Ario Lelono di Tangerang, Senin (4/3/2024).

Program ini fokus pada pengembangan talenta muda di empat bidang prioritas nasional. Empat bidang yaitu Advanced Biodiversity Utilization (200 kandidat), Deep Sea and Maritime (30 kandidat), Radiation and Nuclear Technology (170 kandidat) dan Space and Aeronautics (100 kandidat)

Penerima beasiswa LPDP Targeted akan mendapatkan:

  • Beasiswa penuh untuk pendidikan S2 dan S3 di luar negeri
  • Pendampingan dari para pakar
  • Kesempatan untuk berkontribusi pada proyek-proyek strategis BRIN

“LPDP Targeted merupakan solusi tepat bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studi di bidang prioritas nasional dengan topik riset yang jelas dan terarah,” jelas Arthur.

Kebutuhan SDM di Bidang Nuklir

Pusat Riset Teknologi Akselerator (PRTA) dan Pusat Riset Teknologi Reaktor Nuklir (PRTRN) BRIN membutuhkan SDM yang memiliki kompetensi di bidang kenukliran untuk mendukung proyek-proyek seperti DECY – 13 MeV Cyclotron dan PeLUIt-40.

“Saat ini IAEA sebagai pihak internasional sudah mengakui salah satu desain reaktor BRIN yakni PeLUIt-40 sehingga kami membutuhkan sumber daya manusia baru untuk pengembangannya,” kata Kepala PRTRN BRIN Topan Setiadipura.

Informasi Lebih Lanjut

Informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa LPDP Targeted dapat d iperoleh melalui website BRIN: https://www.brin.go.id/ dan LPDP: https://lpdp.kemenkeu.go.id/

Skema LPDP Targeted merupakan peluang bagi talenta muda yang ingin berkontribusi pada kemajuan Indonesia di bidang prioritas nasional.*[]

related posts