31.1 C
Jakarta

Era T20 baru bagi juara dunia India saat mengunjungi Zimbabwe untuk seri lima pertandingan

Published:

HARARE, Zimbabwe (AP) — Juara dunia India akan mengawali era baru saat menghadapi Zimbabwe dalam seri lima pertandingan Twenty20 yang dimulai Sabtu di Harare Sports Club.

Shubman Gill akan memimpin India untuk pertama kalinya, dengan para pemain senior diistirahatkan setelah perayaan kemenangan yang menggembirakan. memenangkan Piala Dunia T20.

Pemukul berusia 24 tahun, yang memimpin Gujarat Titans di Liga Premier India, kembali ke tim T20 India bersama dengan pemukul tengah Rinku Singh. Duo ini tidak ikut dalam Piala Dunia, tetapi pergi ke Hindia Barat dan Amerika Serikat sebagai pemain cadangan.

“Saya belajar banyak saat menjadi kapten di IPL untuk pertama kalinya. Itu memungkinkan saya belajar tentang diri saya sebagai pemain dan sebagai pemimpin,” kata Gill. “Menjadi kapten adalah tentang tantangan mental dan bagaimana Anda mempersiapkan diri sendiri serta rekan setim Anda, karena setiap orang memiliki keterampilan yang diinginkan. Ini tentang memberi mereka kepercayaan diri yang cukup untuk tampil di lapangan.”

Duo pemukul bintang Rohit Sharma dan Virat Kohli mengumumkan pensiun dari T20 internasional setelah mengangkat trofi Piala Dunia di Barbados pada tanggal 29 Juni.

Ravindra Jadeja juga mengumumkan pengunduran dirinya dari format internasional, dengan pemain serba bisa No. 1 dunia Hardik Pandya, pemukul No. 1 Suryakumar Yadav, dan bowler cepat No. 1 Jasprit Bumrah semuanya mendapatkan istirahat yang layak.

Di tengah pensiunnya para pemain senior dan istirahatnya, ini merupakan kesempatan besar bagi anak-anak muda yang ingin melangkah ke level kriket internasional.

Skuad muda India terdiri dari banyak bintang baru yang memiliki pengalaman berharga di IPL, termasuk Abhishek Sharma, Riyan Parag, dan Tushar Deshpande.

Sharma bersinar di IPL untuk Sunrisers Hyderabad, mencetak 484 run dalam 16 pertandingan dengan strike-rate 204,22, sementara Parag mencetak 573 run untuk Rajasthan Royals. Keduanya diharapkan untuk memulai seri dan mendapatkan debut T20 mereka.

Di antara pemain lain yang diharapkan mendapatkan kesempatan berharga di T20 adalah pemain pemukul produktif Ruturaj Gaikwad (kapten Chennai Super Kings) serta pemain serba bisa Washington Sundar dan pemain medium pacer Tushar Deshpande, yang telah mengambil 38 wicket IPL untuk Chennai dalam dua musim terakhir.

Sharma akan membuka babak dengan Gill di T20 pertama, dengan Gaikwad di posisi nomor tiga.

“Ini adalah tim yang sangat tidak berpengalaman dibandingkan dengan tim yang memenangkan Piala Dunia T20,” kata Gill. “Tujuan kami adalah memberi kesempatan kepada sebanyak mungkin pemain — beberapa memiliki sedikit pengalaman internasional, sementara yang lain belum pernah melakukan debut.

“Kami tahu Zimbabwe akan menyerang kami dengan keras, seperti tim lain dalam format ini,” tambahnya.

Penjaga gawang sekaligus pemukul Sanju Samson dan pembuka Yashasvi Jaiswal adalah satu-satunya pemain dari skuad Piala Dunia yang dipilih untuk seri ini. Pemukul serba bisa Shivam Dube kemudian dimasukkan untuk menggantikan pemain serba bisa berusia 21 tahun Nitish Reddy karena yang terakhir mengalami cedera.

Namun, ketiganya tidak akan tersedia untuk dua pertandingan pertama karena tim India meninggalkan Barbados terlambat karena badai dan baru tiba di India pada hari Kamis, yang memicu perayaan besar di seluruh negeri. Sebagai gantinya, pemain Sai Sudharsan dan Jitesh Sharma serta pemain cepat Harshit Rana ditambahkan ke skuad India untuk dua T20 pertama.

Zimbabwe mengumumkan skuad beranggotakan 17 orang untuk seri tersebut yang dipimpin oleh Sikandar Raza. Pemain senior Craig Ervine dan Sean Williams tidak dipertimbangkan untuk dipilih, sementara Antum Naqvi yang berusia 25 tahun dimasukkan dengan syarat ia memperoleh kewarganegaraan Zimbabwe.

Ini adalah seri T20 tingkat tinggi ketiga Zimbabwe pada tahun 2024 setelah sebelumnya pernah melawan Sri Lanka dan Bangladesh.

India dan Zimbabwe terakhir kali saling berhadapan di Piala Dunia T20 2022 di Melbourne — Tim Berbaju Biru menang dengan selisih 71 run.

Pertemuan bilateral mereka sebelumnya terjadi pada tahun 2016 ketika India melakukan tur untuk tiga pertandingan seri. Secara keseluruhan, kedua tim telah memainkan delapan pertandingan T20, dengan India memenangkan enam pertandingan.

Zimbabwe mengalahkan India 2-0 di kandang sendiri dalam pertandingan T20 perdana mereka pada tahun 2010.

Bahasa Indonesia: ___

Tim:

India: Shubman Gill (kapten), Ruturaj Gaikwad, Rinku Singh, Abhishek Sharma, Riyan Parag, Washington Sundar, Dhruv Jurel, Ravi Bishnoi, Avesh Khan, Khaleel Ahmed, Mukesh Kumar, Tushar Deshpande, Sanju Samson, Yashasvi Jaiswal, Jitesh Sharma, Harshit Rana, Shivam Dube, Sai Sudharsan

Zimbabwe: Sikandar Raza (kapten), Faraz Akram, Brian Bennett, Johnathan Campbell, Tendai Chatara, Luke Jongwe, Innocent Kaia, Clive Madande, Wessly Madhevere, Tadiwanashe Marumani, Wellington Masakadza, Brandon Mavuta, Blessing Muzarabani, Dion Myers, Antum Naqvi, Kapten Richard, Milton Lion.

Bahasa Indonesia: ___

AP Kriket:

Related articles

Recent articles

spot_img