25.2 C
Jakarta

Jesse Marsch mengatakan dia tidak membutuhkan kesuksesan bersama Kanada untuk membuktikan kemampuan kepelatihannya

Published:

EAST RUTHERFORD, NJ (AP) — Setelah memimpin Kanada ke semifinal Copa America, pelatih Jesse Marsch mengatakan ia tidak perlu kesuksesan untuk membuktikan kemampuannya setelah ia dipecat oleh Leeds dan diabaikan oleh Federasi Sepak Bola AS.

“Saya merasakan betapa kuatnya mereka menginginkan saya di sini, dan saya berada pada titik dalam hidup saya di mana saya tidak membutuhkan semua omong kosong lainnya,” kata Marsch dalam konferensi pers menjelang Pertandingan hari Selasa melawan Argentina.

Dia tertawa saat konferensi pers hari Senin sedang diterjemahkan pada saat yang sama.

“Saya tidak tahu bagaimana cara mengucapkannya dalam bahasa Spanyol, oke?” jelasnya sambil menyeringai.

Marsch mengambil alih Leeds pada Februari 2022 dari Marcelo Bielsa dengan tim yang unggul dua poin di atas zona degradasi dan memimpinnya ke posisi ke-17, tiga poin di atas zona degradasi. Dia dipecat setahun kemudian dengan tim di posisi ke-17, di atas zona degradasi berdasarkan selisih gol, dan Leeds finis di posisi ke-19 dan turun ke Liga Championship tingkat kedua.

Ia diwawancarai oleh USSF tahun lalu sebelum Gregg Berhalter dipekerjakan kembali, dan Kanada memberikan Marsch yang berusia 50 tahun itu pekerjaan di tim nasional pada bulan Mei. Sementara Kanada maju dalam penampilan pertamanya di Copa America, tuan rumah AS tersingkir di babak penyisihan grup.

“Saya tidak pernah meragukan kemampuan saya sebagai pelatih,” kata Marsh. “Yang selalu saya ragukan dalam bisnis ini adalah bagaimana Anda menemukan orang yang tepat untuk bekerja sama? Jadi hal terbaik tentang posisi saya saat ini adalah tempat ini terasa seperti rumah bagi saya. Rasanya seperti saya bekerja dengan sekelompok pemain yang menurut saya menghargai hal-hal yang saya bawa. Saya menghargai hal-hal yang mereka lakukan.”

Kanada belum pernah mencapai Piala Dunia sejak 1986 saat lolos ke turnamen 2022 di bawah pelatih John Herdman. Mereka menang 0-3 di Qatar. Herdman pergi pada bulan Agustus untuk melatih Toronto di Major League Soccer setelah mengatakan Asosiasi Sepak Bola Kanada tidak menyediakan tim nasional dengan dukungan keuangan dan sumber daya yang diperlukan.

Marsch dipekerjakan setelah Peter Augruso menggantikan Charmaine Crooks sebagai presiden CSA.

“Menurut saya, Asosiasi Sepak Bola Kanada adalah organisasi yang rendah hati tetapi profesional dan kepemimpinan yang baru sangat fantastis,” kata Marsch. “Masyarakat di negara ini mendukung penuh apa yang kami lakukan dengan tim ini dan Anda dapat melihat kemenangan dan keberhasilan yang kami raih di turnamen ini. Sejak hari pertama, saya merasakannya. Itulah alasan saya datang. Itu karena saya merasakan betapa mereka menginginkan saya di sini.”

Dua pertandingan pertama Marsch adalah sepasang pertandingan persahabatan di Eropa, kekalahan 4-0 di Belanda dan hasil imbang 0-0 di Prancis.

Kanada membuka Copa America dengan Kekalahan 2-0 dari juara bertahan ArgentinaBahasa Indonesia: kalahkan Peru 1-0 untuk kemenangan pertamanya atas tim Amerika Selatan dalam 24 tahun dan melaju ke babak sistem gugur dengan Hasil imbang 0-0 melawan Chili.

Kanada memenangkannya perempat final melawan Venezuela 4-3 lewat adu penalti setelah hasil imbang 1-1.

“Saya ingin melakukan hal-hal yang ingin saya lakukan,” kata Marsch. “Saya ingin kembali mencintai permainan yang saya cintai, dan tim ini telah membantu saya menemukan hal itu, dan saya sangat berterima kasih untuk itu.”

Seorang pemain perguruan tinggi yang menonjol di Princeton, Marsch tampil dua kali untuk AS dan menjadi asisten Bob Bradley di tim nasional pada tahun 2010-11.

Ia melatih Montreal (2011-12) dan New York Red Bulls (2015-18) di Major League Soccer, kemudian naik jabatan menjadi pelatih tim saudara, Red Bull Salzburg di Austria (2019-21) dan RB Leipzig di Bundesliga, yang memecatnya pada bulan Desember 2021 pertengahan musim pertamanya.

Bahasa Indonesia: ___

Liputan AP Copa America:

Related articles

Recent articles

spot_img