Perkuat Posisi Industri Taman Rekreasi, PUTRI Jalin Kolaborasi Multi Pihak

by admin
3 minutes read

JAKARTA, BN NASIONAL

Di tengah situasi pasca pandemi Covid-19, industri taman rekreasi di Indonesia menunjukan geliat yang positif. Menangkap peluang tersebut, Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) sebagai organisasi yang menaungi para pengusaha taman rekreasi di Indonesia mengambil langkah strategis dengan menjalin kolaborasi multi pihak untuk mendorong pertumbuhan industri secara keseluruhan.

Ketua Umum PUTRI Hans Manansan mengatakan, kolaborasi merupakan kunci utama dalam membangun industri yang kuat dan berkelanjutan. Oleh karena itu, mereka aktif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

“Karena kita baru saja bangkit dari pandemi. Sekarang kita adalah waktu di mana kita berkolaborasi, bekerjasama untuk membangun asosiasi yang kuat. Sehingga bisa memberikan benefit kepada semua anggota,” kata Hans saat Halal Bihalal PUTRI di Jakarta Aquarium, Senin (20/5/2024).

Kolaborasi yang telah berjalan saat ini d ilakukan dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Organisasi Angkutan Darat (Organda), Tiket.com, dan lainnya.

“Momentumnya yang pas, karena memang baru saja bangkit dari pandemi, di mana kita semua mengalami ketiduran. Jadi dengan bersama, kita bangun semuanya,” ujar Hans.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Hariyadi Sukamdani menyebut sejauh ini sudah terjadi kerja sama, salah satunya adalah dengan menggabungkan beberapa produk menjadi satu paket (bundling).

“Secara anggota-anggota kita sudah berjalan ya Jadi, menyangkut masalah bundling, yaitu misalnya untuk PHRI dengan PUTRi itu mereka melakukan bundling Lalu juga misalnya dengan Organda, mereka juga ada kerjasama untuk shuttle, bus dan sebagainya,” kata Hariyadi.

Selain itu, terdapat juga kolaborasi bersama yang memperhatikan dunia pendidikan sebagai tempat bagi mahasiswa untuk magang atau merekrut mahasiswa yang baru lulus.

“Dan dengan retail, kan kita juga punya anggota retail di GIPI Mereka juga ada kerjasama Juga dengan lembaga pendidikan yang ada di dalam naungan GIPI Itu dengan PUTRI juga banyak kerjasama Untuk penyediaan baik tenaga magang Maupun juga untuk recruiting tenaga yang bekerja di sektor taman hiburan,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan, kerja sama yang d ilakukan anggota PUTRI dan Tiket.com dapat meningkatkan kualitas layanannya dengan mengadopsi teknologi baru, menerapkan sistem yang lebih efisien, dan menghadirkan program-program yang lebih menarik bagi pengunjung.

“Kita sudah pasti sama PUTRI kita ada kerjasama langsung, yaitu kita support cukup banyak teman-teman yang sudah menjadi member di Putri juga. Dengan ini harapannya supaya properti atau misalnya taman wisata yang ada, itu kita bisa support untuk showcase di Tiket.com, kita bantu untuk marketing-in, dan semoga tiketingnya makin meningkat,” kata Gaery.

Gaery pun berharap, dengan aktifnya PUTRI dapat memudahkan komunikasi antara pelaku usaha untuk berkolaborasi bersama-sama. Trobosan baru juga akan tercipta dengan adanya kolaborasi ini.

“Kalau harapan saya semoga semakin kedepannya kita bisa, misalnya kita bikin promo khusus untuk yang ada di dalam program ini, abis itu mungkin kita juga bisa bikin semacam exposure keluar terhadap customer, karena menurut saya banyak banget konsumen Tiket.com yang mungkin banyak yang belum tahu mengenai tempat-tempat rekreasi yang ada, bahkan yang sudah ada di perhimpunan PUTRI ini,” jelas Gaery.**

related posts