25.4 C
Jakarta

Spesies Kadal yang Baru Ditemukan Mirip Lukisan Terkenal Van Gogh “The Starry Night”

Published:

Ilmuwan di India menemukan spesies kadal baru, Cnemaspis vangoghidi Southern Western Ghats, dinamai karena kemiripannya dengan karya Van Gogh Malam berbintang. Temuan ini menyoroti kekayaan keanekaragaman hayati dan karakteristik habitat unik di kawasan Srivilliputhur di Tamil Nadu. Kredit: Akshay Khandekar

Anda mungkin pernah melihat alam digambarkan dalam seni, tapi seberapa sering Anda melihat karya seni bersembunyi di alam?

Ketika mereka melihat punggung kadal di Southern Western Ghats, sekelompok ilmuwan dari Thackeray Wildlife Foundation di India teringat akan karya Van Gogh. Malam berbintang. Begitu mereka tahu itu adalah hal baru jenisia cenderung menamainya untuk menghormati pelukis terkenal itu.

“Cnemaspis vangoghi dinamai berdasarkan nama pelukis Belanda Vincent Van Gogh (1853–1890) karena warna mencolok dari spesies baru ini mengingatkan kita pada salah satu lukisannya yang paling ikonik, Malam berbintang,” jelas Ishan Agarwal, yang mengambil bagian dalam penelitian untuk mendeskripsikan kadal baru tersebut. Jantan dari spesies ini memiliki kepala dan dahi berwarna kuning serta bintik-bintik biru muda di punggung dan mereka hidup di antara bebatuan dan kadang-kadang bangunan dan pepohonan.

Kiri ke kanan: Akshay Khandekar, Tejas Thackeray, Swapnil Pawar, Ishan Agarwal, Satpal Gangalmale, Vivek Waghe. Kredit: Khandekar dkk.

Temuan Ekspedisi dan Keanekaragaman Hayati

Bersama rekan peneliti Akshay Khandekar dan Tejas Thackeray, mereka menemukan spesies baru tersebut selama ekspedisi pada April 2022 ke Southern Western Ghats di Tamil Nadu, India. Kini, mereka telah mempublikasikan temuan mereka di jurnal peer-review Kunci Kebun Binatang.

“Tamil Nadu adalah negara bagian dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa dan kami berharap dapat menyebutkan lebih dari 50 spesies kadal baru pada saat kami selesai (ekspedisi kami)!” kata Ishan Agarwal.

“Saya juga mendapat lebih dari 500 gigitan kutu selama perjalanan musim panas itu, dengan kepadatan tertinggi terjadi di hutan dataran rendah dan kering di Srivilliputhur, tempat spesies baru ditemukan,” tambahnya.

Cnemaspis vangoghi merupakan tokek berukuran kecil yang panjangnya bisa mencapai 3,4 cm. Ia digambarkan sebagai sesuatu yang baru dalam ilmu pengetahuan bersama dengan spesies lain dari genusnya, Cnemaspis sathuragiensisdinamai sesuai jenis lokalitasnya Perbukitan Sathuragiri.

“Kedua spesies baru ini tersebar di dataran rendah (250–400 m dpl), hutan gugur di Srivilliputhur, dan menambah lima spesies endemik yang telah diketahui sebelumnya. vertebrata dari Suaka Harimau Srivilliputhur-Megamalai, Tamil Nadu, India,” jelas Ishan Agarwal. Mereka aktif diurnal dan terutama aktif selama jam-jam dingin di pagi dan sore hari, sebagian besar ditemukan di bebatuan. Sejauh ini, mereka hanya ditemukan di daerah yang sangat terbatas, “sebuah kasus mikro-endemisme yang menarik pada spesies di dataran rendah,” katanya.

Referensi: “Dua spesies baru Galaksi Cnemaspis kompleks (Squamata, Gekkonidae) dari lereng timur Ghats Barat selatan” oleh Akshay Khandekar, Tejas Thackeray dan Ishan Agarwal, 27 Maret 2024, ZooKeys.
DOI: 10.3897/zookeys.1196.117947



Related articles

Recent articles

spot_img