Divestasi Vale Masih Berlanjut, Erick Thohir Sebut Prosesnya Kompleks

by admin
1 minutes read

JAKARTA, BNNASIONAL.COM – PT Vale Indonesia (INCO) saat ini berada dalam tahap divestasi saham sebagai bagian dari syarat perpanjangan Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) berencana menerima saham tambahan dari hasil divestasi ini.

Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, menyatakan bahwa diskusi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait INCO sedang berlangsung. “Kami sedang berdiskusi. Memang prosesnya kompleks,” ungkap Erick di Kementerian ESDM, Senin (30/10/2023).

Sebelumnya, Arifin Tasrif, Menteri ESDM, mengatakan bahwa MIND ID mungkin akan menerima saham INCO antara 11-14%. Namun, divestasi saham Vale masih menunggu keputusan dari Kementerian BUMN. “Kami menunggu keputusan dari BUMN. Dari sisi kami di Kementerian ESDM, tidak ada masalah,” kata Arifin di Gedung Kementerian ESDM, Kamis (26/10/2023).

Dia menegaskan bahwa setelah Vale menyelesaikan divestasi sesuai dengan syarat yang ditentukan, pemerintah akan memberikan perpanjangan izin usaha pertambangan yang akan berakhir pada 2025. “Jika semua persyaratan terpenuhi, kami akan memberikan izin. Namun, keputusan akhir ada di tangan BUMN,” tambahnya.(*)

related posts

Leave a Comment