27.8 C
Jakarta

Kementerian ESDM Ajak Perusahaan Batubara Ikut Program CSR Konversi Motor Listrik

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajak perusahaan batubara untuk ikut memasukan program konversi motor konvensional ke motor listrik dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal ini dilakukan sebagai upaya pengurangan emisi gas rumah kaca melalui beberapa sektor untuk melakukan transisi energi menuju energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Siti Sumilah Rita Susilawati mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian dari program percepatan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Badan usaha juga dapat mengalokasikan dana PPM jika memang pelaksanaan Program Konversi Sepeda Motor Listrik ini ditujukan untuk masyarakat sekitar tambang/Wilayah IUP atau juga bisa menggunakan dana CSR jika berada diluar wilayah IUP.” kata Rita dalam acara Sosialisasi Program Konversi Sepeda Motor Listrik kepada Badan Usaha Pertambangan Batubara, dikutip Senin (8/7/2024).

Rita berharap bahwa badan usaha, melalui sosialisasi ini, dapat berkontribusi dan turut berpartisipasi dalam mempercepat program ini.

Senada dengan hal tersebut, Tenaga Ahli Menteri ESDM bidang Ketenagalistrikan Sripeni Inten Cahyani mengatakan, perusahaan pertambangan dapat memasukkan program konversi sepeda motor listrik ke dalam program PPM mereka.

Inten menjelaskan bahwa dari 8 (delapan) aspek program PPM, dengan adanya konversi sepeda motor listrik tersebut perusahaan pertambangan sudah dapat memenuhi aspek pendidikan, kesehatan, tingkat pendapatan riil, kemandirian ekonomi.

“Pemenuhan aspek-aspek PPM bisa terlaksana, selain itu masyarakat juga diberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam pengelolaan lingkungan,” jelas inten.

Perusahaan pertambangan yang hadir pun memberikan antusias atas program yang saat ini sedang dijalankan oleh pemerintah. Selain dapat dimasukkan ke dalam program PPM, konversi juga dapat dilakukan oleh pegawai-pegawai setempat yang kesehariannya memang menggunakan sepeda motor.

Related articles

Recent articles

spot_img