Menteri ESDM Bocorkan Mineral Kritis Berperan Penting Mendukung Indonesia Emas 2045

by admin
1 minutes read
Menteri ESDM Bocorkan Mineral Kritis Berperan Penting Mendukung Indonesia Emas 2045

Jakarta, BN Nasional – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membeberkan pentingnya peran mineral kritis dalam menunjang transisi energi untuk mewujudkan Nett Zero Emission (NZE) 2060. Mineral kritis menjadi sangat strategis dan vital dalam transisi energi, yakni sebagai bahan baku industri pembuat panel surya, turbin angin, dan industri baterai yang digunakan untuk Electric Vehicle (EV).

Mineral kritis juga mempunyai harga yang tinggi dikarenakan termasuk dalam kategori sulit untuk ditemukan, sulit diekstraksi dalam jumlah ekonomis dan sulit disubtitusi logam atau material lain, serta mineral-mineral tersebut juga merupakan mineral ikutan dari pertambangan timah, bauksit, nikel dan pasir besi.

“Kita punya target Indonesia emas 2045, kita punya sumber daya alam yang besar selain migas dan mineral lain. Mineral kritis yang dimanfaatkan dengan dukungan teknologi yang tepat dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan pendapatan,” kata Arifin di acara EBTKE Conex di ICE BSD, Rabu (12/7/2023).

Saat ini Indonesia sedang fokus melakukan optimalisasi penguasaan mineral kritis, saat ini PLN sedang melakukan optimalisasi kapasitas listrik yang terpasang dan mempersiapkan rencana-rencana kedepan pengembangan EBT.

“Masih banyak yang harus dilakukan untuk bisa mengoptimalkan kapasitas yang terpasang sekarang. Kalo housekeeping dilakukan kemudian week program bisa diselesaikan, kemudian long term plan bisa tersusun dengan baik dan dukungan dari pemerintah, BUMN dan kemudian badan usaha lain, ini semua bisa kita laksanakan,” jelasnya.

Salah satu optimalisasi yang dilakukan PLN dengan membuat Smart Grid. Smart Grid adalah konsep jaringan tenaga listrik cerdas untuk pemenuhan kebutuhan energi listrik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan teknologi komunikasi dua arah antara produsen listrik dan konsumen. (Louis/Rd)

related posts

Leave a Comment